Tegar Di Atas Sunnah |
Mengenal Syaikh Abdul Muhsin al Ubaikan Posted: 03 Oct 2011 05:00 PM PDT Beliau adalah Abdul Muhsin bin Nashir bin Abdurrahman al-Ubaikan. Beliau lahir pada tahun 1372 H di kota Thaif, KSA. Setelah melalui jenjang pendidikan formal SD dan SMP beliau melanjutkan ke jenjang Kafaah [mungkin, pra SMA, pent] di perguruan Dar at Tauhid di Kota Thaif. Di perguruan ini pula beliau menyelesaikan pendidikan SMA beliau. Setelah itu beliau melanjutkan studi beliau di Sekolah Tinggi Syariah di kota Mekkah yang saat itu adalah cabang Universitas Malik Abdul Aziz di Jeddah. Akan tetapi studi beliau di Sekolah Tinggi ini hanya empat bulan. Selanjutnya beliau melanjutkan studi formalnya di Sekolah Tinggi Syariah di kota Riyadh dan di sinilah beliau beliau menyabet gelar sarjana. Beliau hafal al Qur'an 30 juz ketika beliau duduk di bangku SMP. Beliau belajar ilmu tauhid pada Syaikh Muhammad Makhdum al Bukhari di Masjidil Haram Mekkah dan Syaikh Muhammad Sakar di Riyadh. Beliau juga membaca beberapa buku mengenai ilmu qiraah. Beliau juga memilik rekaman dua juz dari surat al Baqarah yang perekamannya dipantau oleh Syaikh Abdul Bari Muhammad di Radio al Qur'anul Karim. Selain belajar agama secara formal beliau juga sorogan baca kitab kepada beberapa ulama diantaranya adalah Syaikh Abdul Aziz bin Shalih al Mursyid. Beliau beberapa kali juga menghadiri kajian yang diasuh oleh Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Humaid dan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz. Beliau lebih banyak mendapatkan penambahan ilmu melalui banyak membaca sendiri dikarenakan beliau telah melahap banyak buku di berbagai bidang keilmuan. Syaikh Abdul Muhsin pernah bercerita bahwa Syaikh Abdullah bin Humaid sangat menyayanginya dengan mendudukkan beliau di sampingnya dan menghormatinya padahal Syaikh Abdul Muhsin ketika masih terbilang sangat muda. Tidaklah Syaikh Abdul Muhsin menceritakan pendapat pribadinya kepada Syaikh Abdullah bin Humaid kecuali mendapatkan persetujuan dari Syaikh Ibnu Humaid. Suatu ketika Syaikh Abdul Muhsin berkumpul satu tempat dengan Syaikh Abdul Aziz bin Baz. Syaikh Ibnu Baz berkeinginan untuk mengangkat beliau sebagai imam masjid di Masjid al Abbas di kota Thaif padahal ketika itu Syaikh Abdul Muhsin menjadi sebagai hakim di daerah Sail Kabir. Syaikh Abdul Muhsin menyampaikan kepada Syaikh Ibnu Baz bahwa tidak minat menjadi imam masjid di Thaif sebaliknya beliau ingin dimutasi ke kota Riyadh. Benar, Syaikh Ibnu Baz mewujudkan keinginan beliau dengan memutasi Syaikh Abdul Muhsin ke kota Riyadh untuk bekerja sebagai hakim di Mahkamah Kubro. Perlu diketahui ketika beliau diangkat sebagai hakim untuk daerah Sail Kabir Syaikh Ibnu Baz berkata kepada beliau, "Aku ingin agar anda memberi fatwa kepada banyak orang terutama kepada para jamaah haji dan umrah karena Sail Kabir adalah miqot yang urgen". Kegiatan beliau Terkadang beliau beradzan dan menjadi imam shalat di masjid yang dipegang oleh ayah beliau di kota Thaif ketika beliau masih duduk di bangku SMP. Ketika beliau duduk di bangku kuliah beliau diangkat sebagai imam tetap dan khatib di masjid Syaikh Muhammad bin Abdurrahman al Ubaikan di kota Riyadh yang merupakan nama paman beliau. Kemudian beliau diangkat sebagai imam dan khatib di masjid al Jauharah di kota Riyadh tepatnya di pinggir jalan Imam Faishal bin Turki dan tugas ini beliau jalani sampai saat ini. Pada tahun 1399 H beliau diangkat sebagai hakim di Mahkamah Kubro di kota Riyadh setelah sebelumnya menjabat hakim untuk daerah Sail Kabir yang merupakan miqot penduduk Najd [Riyadh dan sekitarnya, pent]. Di samping menjabat sebagai hakim di kota Riyadh beliau juga menjadi dosen di Sekolah Tinggi Calon Hakim kemudian pada tahun 1413 H beliau diangkat sebagai pengawas di Kementrian Kehakiman kemudian diangkat sebagai sebagai penasihat istimewa di Kementrian Kehakiman pada tahun 1426 H sekaligus anggota Majelis Syuro KSA. Pada tahun 1430 H beliau diangkat sebagai penasihat di kantor raja KSA, suatu jabatan yang setara dengan jabatan menteri di KSA. Beliau juga meluangkan waktu untuk mengkaji berbagai kitab di berbagai masjid di rumah pribadinya. Beliau juga menjadi pengisi tetap di berbagai program di keagamaan di berbagai stasiun TV. Di samping itu beliau masih bisa menulis berbagai artikel dan artikel bantahan atas tulisan orang-orang 'bermasalah' yang diterbitkan oleh berbagai koran. Beliau juga mengikuti berbagai muktamar dan seminar di dalam atau pun luar KS. Diantaranya beliau ketua duta dari KSA untuk mengikuti muktamar tentang hilal yang diadakan oleh OKI di kota Jeddah. Karya Ilmiah Beliau menulis sebuah buku tentang fikih muqaran [perbandingan mazhab] yang berjudul Ghayatul Maram Syarh Mughni Dzil Afham yang merupakan ensiklopedi ilmu fikih karena buku ini terdari 40 jilid, yang sudah tercetak tujuh jilid sedangkan yang sedang dalam proses cetak sebanyak delapan jilid. Karya beliau yang lain adalah:
Beliau memiliki kaset rekaman 30 juz dari hafalannya beliau ketika beliau menjadi imam shalat Tarawih pada tahun 1430 H dan rekaman kajian tafsir al Qur'an yang telah membahas tiga perempat mushaf al Qur'an. Kajian kitab beliau yang masih dalam bentuk rekaman adalah:
Diantara murid-murid beliau:
Referensi: http://al-obeikan.com/page/13-%D8%B3%D9%8A%D8%B1%D8%A9%20%D8%A7%D9%84%D8%B4%D9%8A%D8%AE.html
Artikel Terkait |
Biji Tasbih Tanda Orang Shalih? Posted: 01 Oct 2011 05:00 PM PDT س: أنا أستعمل السبحة للذكر بعد الصلاة، وإن كنت أستعمل أصابعي إلا أنني أرى أنها تعينني في العد، فما رأي فضيلتكم؟. Pertanyaan, "Aku mempergunakan biji tasbih untuk berdzikir setelah shalat. Meski aku terkadang menggunakan jari untuk menghitung bacaan dzikir namun aku berpandangan bahwa biji tasbih itu sangat membantuku untuk menghitung bacaan dzikir. Apa pendapat anda dalam masalah ini?" ج: السبحة لها حالان: حال تُستَعمل فقط لعد التسبيح، وهذا في أصح قولي العلماء لا شيء فيه، وهو اختيار ابن تيمية، وهو من جنس العد بالحصى الذي ثبت في السنة، Jawaban Syaikh Sulaiman bin Abdullah al Majid, "Penggunaan biji tasbih itu ada dua macam: Pertama, hanya berperan sebagai alat untuk menghitung bacaan tasbih. Biji tasbih dengan fungsi semacam menurut pendapat yang paling kuat dari dua pendapat ulama dalam masalah ini hukumnya adalah tidak mengapa. Inilah pendapat yang dipilih oleh Ibnu Taimiyyah. Alasannya biji tasbih dalam kondisi ini semisal dengan kerikil yang digunakan untuk menghitung bacaan dzikir dan terdapat hadits yang menunjukkan bolehnya menghitung dzikir dengan menggunakan kerikil.
ولكن الذي يقع في بعض أقاليم العالم الإسلامي هنا وفي غير هذه البلاد أنها تُسْتَعمل أحياناً للعلامة على الصلاح، فإذا رُئِي في بعض البلدان وبعض المدن إنسان يتخذ السبحة فإنهم يسمونه رجلاً صالحاً، رجلاً ملتزماً، رجلاً عابداً، وهو كذلك، فأهل الصلاح هذه هي سيماهم، ولهذا لا ينبغي أن تكون السمة إلا بالسمة الشرعية التي أمر الله بها وأوجبها، Akan tetapi yang terjadi di berbagai penjuru dunia Islam adalah difungsikannya biji tasbih sebagai tanda orang shalih. Jika terlihat seorang yang membawa biji tasbih maka banyak orang menilai orang tersebut sebagai orang shalih, orang yang komitmen dengan aturan syariat dan ahli ibadah. Itulah realita di masyarakat, ciri orang shalih adalah membawa biji tasbih. Inilah adalah fungsi yang tidak pada tempatnya, tidaklah sepatutnya yang dijadikan sebagai ciri orang shalih melainkan ciri yang berdasarkan syariat. Itulah berbagai hal yang diperintahkan atau diwajibkan oleh Allah.
أما مثل هذه السيمة التي يجعلها بعض الناس بأن يجعل سجادة على كتفه أو مسبحة يحملها بشكل دائم يُعرف أن الصالحين هم الذين يتخذونها فهذا من الرياء الذي نهت عنه الشريعة، وذكر العلماء في النهي عنه حتى في موضوع السبحة، Sehingga macam kedua dari penggunaan biji tasbih adalah menjadikan biji tasbih tanda orang shalih dengan meletakkan biji tasbih di pundak atau di tangan secara terus menerus sehingga orang shalih lah yang dikenal kemana-mana membawa biji tasbih. Tindakan semacam ini tergolong riya yang dilarang oleh syariah dan para ulama pun menegaskan terlarangnya hal ini ketika membahas penggunaan biji tasbih.
ولهذا إذا كان الإنسان يسبح بها ثم يدخلها أو إذا كان يرى أنها تعينه كثيراً وتحفظ وقته في المجلس ويسبح في البيت فلا بأس ولا حرج. والله أعلم Sehingga bisa disimpulkan bahwa jika setelah biji tasbih digunakan untuk menghitung bacaan dzikir dimasukkan ke dalam saku, atau seorang itu menilai bahwa biji tasbih sangat membantunya untuk menghitung bilangan dzikir atau waktunya bisa lebih optimal dimanfaatkan ketika berada di suatu tempat atau biji tasbih hanya digunakan ketika di rumah hukumnya adalah tidak berdosa dan tidak masalah". Sumber: http://www.salmajed.com/node/11399 Artikel Terkait |
You are subscribed to email updates from Tegar Di Atas Sunnah To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar