Rabu, 21 Desember 2011

Tegar Di Atas Sunnah

Tegar Di Atas Sunnah


Hadyu Umroh, Sunnah Yang Hilang

Posted: 20 Dec 2011 04:00 PM PST

ومن باب ذِكر الشيءِ بمثاله، مِن السُّنن المهجورة -أيضًا-ولعلنا ذكرنا ذلك في بعضِ المجالِس-، مِن السُّنن المهجورة -أيضًا-وإن كانت في غيرِ هذا المقام؛ لكن ذكَّرني بها الذَّبح والتقرُّب كما قال اللهُ -تعالى-: {لَن يَنالَ اللهَ لحومُها ولا دِماؤُها ولكنْ ينالُهُ التَّقوى مِنكم} [الحج]-: الهديُ في العمرة.
Syaikh Ali al Halabi mengatakan bahwa diantara ajaran Nabi yang ditinggalkan oleh banyak orang adalah menyembelih hadyu dalam rangka umroh.

نحن معروف -عندنا- الهدي في الحج؛ لكن مِن السُّنن المهجورة: الهدي في العُمرة؛ فقد وَرَد عن النَّبي، وعن ابن عُمر، وعن عددٍ مِن الصَّحابة: (أنهم كانوا يَهدُون ويَذبحون إذا اعتَمَرُوا)؛ لكن -كما قُلنا- هذا -أيضًا- على الاستِحباب وليس على الإيجاب، وإحياءُ السُّنةِ له فضل عظيم.
Beliau mengatakan, “Kita sudah biasa mengenal hadyu dalam rangka haji. Namun diantara sunnah Nabi yang ditinggalkan oleh banyak orang adalah menyembelih hadyu dalam rangka umroh.

Terdapat riwayat dari Nabi, Ibnu Umar dan sejumlah shahabat bahwa mereka itu menyembelih hadyu saat berumroh.

Meski hokum sembelihan ini adalah dianjurkan, tidak wajib namun menghidupkan sunnah itu memiliki keutamaan yang besar.
أسألُ الله -عزَّ وجلَّ- أن يوفِّقَنا وإيَّاكم لأن نكونَ مِن أهل السُّنة الملتزِمين بها، الحَريصين عليها، الدَّاعين إليها؛ إنه -سبحانَه- ولي ذلك والقادر عليه.
وصلَّى الله وسلَّم وبارَك على نبيِّنا محمدٍ، وعلى آله وصحبِه أجمعين.
Kita memohon kepada Allah agar Dia menjadikan kita sebagai ahli sunnah yang komitmen dengan sunnah Nabi, semangat mengamalkannya dan semangat mendakwahkannya”.

[تفريغًا من شريط: (لقاء مفتوح - بدع رجب) -بتاريخ4 رجب1431هـ-، للشيخ علي الحلبي -حفظه الله-، من الدقيقة (19:25)].

Penjelasan Syaikh Ali al Halabi ini ada di kaset Liqa’ Maftuh Bida’ Rajab yang direkam pada tanggal 4 Rajab 1431 H tepatnya pada menit 19:25.

Sumber:

http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showpost.php?p=78966&postcount=

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar